Pages

Rabu, 10 Oktober 2012

ISD sebagai salah satu mata kuliah dasar umum



ISD adalah ilmu sosial dasar yang memiliki berbagai komplek dalam mewujudkan penyelesaian masalah terhadap masalah yang timbul dimasyarakat sosial. ISD memilik beberapa percabangan ilmu pengetahuan.
Berbagai sumber mengemukakan pengelompokan terhadap ilmu pengetahuan yaitu :
· Natural sciences (Ilmu-Ilmu Alamiah) seperti Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
· Sosial sciences (Ilmu-ilmu Sosial) seperti Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi,      Sejarah, Psikolog, Geografi dan lain-lain.
·  Humanities (ilmu-ilmu Budaya) seperti Bahasa, Agama, Kesastraan, Kesenian dan lain-lain.
Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang berasal dari masalah-masalah sosial yang timbul dari nilai dasar kemasyarakatan, kehidupan bermasyarakat yang menciptakan nilai-nilai sosial.
Dalam ISD banyak sekali yang dapat diambil dari berbagai makna yang ada dalam lingkungan bermasyarakat. Dan juga dalam perguruan tinggi. Seperti dalam perguruan tinggi, mahasiswa dituntut memahami nilai sosial yang berkembang.
ISD dalam mata kuliah memiliki tujuan kepada mahasiswa yaitu
Ø  Memahami dan mengetehui masalah-masalah yang ada dalam masyarakat
Ø  Mengerti terhadap masalah-masalah sosial dan berusaha mengnanggulanginya
Ø  Mengerti masalah yang timbul bersifat kongkret.
Ø  Memahami jalan pikiran  para ahli untuk menyelesaikan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat
Dalam hal ini ISD atau ilmu sosial dasar memiliki persamaan dengan IPS atau ilmu pengetahuan sosial :
·         Keduaduanya merupakan ilmu pendidikan
·         Keduanya bukan ilmu yang berdiri sendiri
·         Memiliki materi yang berasal dari kenyataan sosial dan masalah sosial
IPS dan ISD terlihat dari materi dan pandangan umum terlihat sama tetapi Selain persamaan dalam IPS dan ISD memiliki perbedaan yang membedakan keduanya yaitu :

          - Perbedaan yang mendasar dalam kedua yaitu IPS diajarkan dalam tingkat sekolah dasar dan lanjutan tetapi ISD diterapkan atau diberikan materi ketika seseorang melanjutkan ke tahap perguruan tinggi.
          - ISD terdiri dari materi tunggal yang berdiri sendiri, tetapi IPS terdiri dari bermacam-macam materi dalam suatu kelompok
          - ISD diterapkan untuk menuntukan sikap tetapi IPS dipelajari untuk pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual

Dalam pelajaran ISD diperguruan tinggi banyak sekali yang dipelajari terutama materi-materi ISD, dalam hal ini ISD memiliki bahan-bahan yang digolongkan seperti :
·         Kenyataan-kenyataan sosial yang ada di masyarakat yang merupakan masalah sosial,  tetapi kenyataan yang ada sering ditanggapi berbeda oleh para ahli ilmu sosial karena perbedaan latar belakang dan juga sudut pandang dari masing-masing para ahli yang ada. Dalam ISD kita menggunakan pendekatan Interdisiplin/multidisiplin.
·         Konsep-konsep dan pengertian yang ada masing-masing dibatasi pada konsep dasar yang diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dipelajari di ilmu pengetahuan sosial.
Seperti contoh keanekaragaman dan konsep kesatuan sosial, tetapi dalam masyarakat dapat di pahami selalu ada atau terdapat :
Ø Persamaan dan perbedaan pemikiran, sudut pandang secara individu atau kelompok
Ø Persamaan dan perbedaan kepentingan
·         Masalah yang timbul dalam masyarakat biasanya berbentuk kenyataan-kenyataan yang ada yang saling berkaitan
Dalam ISD banyak sekali yang dipelajari termasuk juga ruang lingkup Ilmu sosial dasar yang diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
1. Banyak masalah kependudukan yang berhubungan dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan
2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat
3. Masalah pemuda dan sosialisasi
4. Masalah antara warga negara dan negara
5.  Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat
6.  Masalah masyarakat perkotaan dan pedesaan
7.  Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi
8.  Memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi 
     bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,

0 komentar:

Posting Komentar