ISD adalah ilmu sosial dasar yang
memiliki berbagai komplek dalam mewujudkan penyelesaian masalah terhadap
masalah yang timbul dimasyarakat sosial. ISD memilik beberapa percabangan ilmu
pengetahuan.
Berbagai sumber mengemukakan
pengelompokan terhadap ilmu pengetahuan yaitu :
· Natural sciences
(Ilmu-Ilmu Alamiah) seperti Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
· Sosial sciences
(Ilmu-ilmu Sosial) seperti Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah, Psikolog,
Geografi dan lain-lain.
· Humanities
(ilmu-ilmu Budaya) seperti Bahasa, Agama, Kesastraan, Kesenian dan lain-lain.
Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan
yang berasal dari masalah-masalah sosial yang timbul dari nilai dasar
kemasyarakatan, kehidupan bermasyarakat yang menciptakan nilai-nilai sosial.
Dalam ISD banyak sekali yang dapat
diambil dari berbagai makna yang ada dalam lingkungan bermasyarakat. Dan juga
dalam perguruan tinggi. Seperti dalam perguruan tinggi, mahasiswa dituntut
memahami nilai sosial yang berkembang.
ISD dalam mata kuliah memiliki tujuan kepada mahasiswa
yaitu
Ø Memahami dan mengetehui masalah-masalah yang ada dalam
masyarakat
Ø Mengerti terhadap masalah-masalah sosial dan berusaha
mengnanggulanginya
Ø Mengerti masalah yang timbul bersifat kongkret.
Ø Memahami jalan pikiran
para ahli untuk menyelesaikan masalah sosial yang timbul dalam
masyarakat
Dalam hal ini ISD atau ilmu sosial dasar
memiliki persamaan dengan IPS atau ilmu pengetahuan sosial :
·
Keduaduanya
merupakan ilmu pendidikan
·
Keduanya bukan
ilmu yang berdiri sendiri
·
Memiliki materi
yang berasal dari kenyataan sosial dan masalah sosial
IPS dan ISD terlihat dari materi dan pandangan umum
terlihat sama tetapi Selain persamaan dalam IPS dan ISD memiliki perbedaan yang
membedakan keduanya yaitu :
- Perbedaan yang mendasar dalam kedua yaitu IPS
diajarkan dalam tingkat sekolah dasar dan lanjutan tetapi ISD diterapkan atau
diberikan materi ketika seseorang melanjutkan ke tahap perguruan tinggi.
- ISD terdiri dari materi tunggal yang
berdiri sendiri, tetapi IPS terdiri dari bermacam-macam materi dalam suatu
kelompok
- ISD
diterapkan untuk menuntukan sikap tetapi IPS dipelajari untuk pembentukan
pengetahuan dan keterampilan intelektual
Dalam pelajaran ISD diperguruan tinggi
banyak sekali yang dipelajari terutama materi-materi ISD, dalam hal ini ISD
memiliki bahan-bahan yang digolongkan seperti :
·
Kenyataan-kenyataan
sosial yang ada di masyarakat yang merupakan masalah sosial, tetapi kenyataan yang ada sering ditanggapi
berbeda oleh para ahli ilmu sosial karena perbedaan latar belakang dan juga
sudut pandang dari masing-masing para ahli yang ada. Dalam ISD kita menggunakan
pendekatan Interdisiplin/multidisiplin.
·
Konsep-konsep dan
pengertian yang ada masing-masing dibatasi pada konsep dasar yang diperlukan
untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dipelajari di ilmu pengetahuan
sosial.
Seperti
contoh keanekaragaman dan konsep kesatuan sosial, tetapi dalam masyarakat dapat
di pahami selalu ada atau terdapat :
Ø Persamaan dan perbedaan pemikiran, sudut pandang
secara individu atau kelompok
Ø Persamaan dan perbedaan kepentingan
·
Masalah yang
timbul dalam masyarakat biasanya berbentuk kenyataan-kenyataan yang ada yang
saling berkaitan
Dalam ISD banyak sekali yang dipelajari
termasuk juga ruang lingkup Ilmu sosial dasar yang diharapkan mempelajari dan
memahami adanya :
1. Banyak masalah
kependudukan yang berhubungan dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan
2. Masalah individu,
keluarga dan masyarakat
3. Masalah pemuda
dan sosialisasi
4. Masalah antara
warga negara dan negara
5. Masalah pelapisan
sosial dan kesamaan derajat
6. Masalah
masyarakat perkotaan dan pedesaan
7. Masalah
pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi
8. Memanfaatkan ilmu
pengetahuan dan teknologi
bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,
bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,
0 komentar:
Posting Komentar