Pages

Rabu, 10 Oktober 2012

Individu keluarga dan masyarakat



Pengertian individu adalah suatu sebutan yang dapat dipakai untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas.  Yang berarti sebagai kesatuan yang terbatas yakni kesatuan yang tak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain.
Pertumbuhan adalah suatu perubahan yang menuju ke arah yang lebih maju dan dewasa.  Dan biasanya orang-orang menyebutnya proses. 
Menurut para ahli aliran asosiasi bahwa pertumbuhan pada dasarnya adalah proses asosiasi.  Pada asosiasi primer adalah bagian-bagian. Sedangkan keseluruhan ada pada kemudian.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan :
·         Pendirian nativistik : pertumbuhan individu itu semata-semata ditentukan oleh faktor-faktor yang dibawa sejak lahir.

·         Pendirian empiris dan environmentalistik : pertumbuhan individu semata-mata tergantung pada lingkungan sedangkan dasar tidak berperan sama sekali.


·         Pendirian konvergensi dan interaksionisme : konsepsi interaksionisme yang berpandangan dinamis yang menyarakan bahwa interaksi antara dasar dan lingkungan dapat menentukan pertumbuhan individu.
·         Tahap pertumbuhan individu berdasarkan psikologi :
§  Masa vital 0.0-0.2 tahun
§  Masa estetik 2.0-7.0 tahun
§  Masa intelektual 7.0-13.0 atau 14.0 tahun
§  Masa sosial 13.0 atau 14.0-20.0 atau 21.0

Keluarga
Keluarga satuan yang  terkecil dari masyarakat, kelompok ini lah yang menghasilkan individu baru, mendidik individu baru, menjaga individu tersebut. Oleh karena itu fungsi dari keluarga tidak terbatas sebagai kelompok yang terkecil dalam masyarakat.
           
fungsi keluarga  adalah suatu pekerjaan atau tugas-tugas yang harus dilaksanakan didalam atau oleh keluarga itu. Seperti :
a)      Fungsi Biologis
b)      Fungsi pemeliharaan
c)      Fungsi ekonomi
d)     Fungsi keagamaan
e)      Fungsi sosial

Masyarakat adalah wadah segenap antar hubungan sosial terdiri atas benyak sekali kolektiva-kolektiva serta kelompok dan tiap-tiap kelompok terdiri atas kelompok-kelompok lebih baik atau sebkelompok.

Hubungan antara individu, keluarga dan masyarakat
·         Makna individu individu adalah makhluk yang tidak bisa melakukan segala sesuatu sendirian. Dan tidak bisa dipisahkan antara jiwa dan raganya.
·         Makna keluarga adalah merupakan kelompok primer yang paling penting didalam masyarakat. Yan gterbentuk dari hubungan laki-laki dan perempuan.
·         Makna masyarakat adalah terbentuk dari kumpulan sosial yang ada dalam masyarakat.
Urbanisasi dan urbanisme
Urbanisasi adalah proses perpindahan dari desa ke kota. Proses urbanisasi menyangkut dua aspek yaitu :
·         Perubahan masyarakat desa menjadi masyarakat kota
·         Bertambahnya penduduk kota yang berasal dari desa
Sebab-sebab yang menjadi daya tarik untuk orang melakukan urbanisasi :
·         Daerah pusat pemerintahan
·         Letaknya strategis  untuk usaha-usaha perdagangan/perniagaan
·         Timbulnya industri di daerah tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar